Fakultas Ekonomi

Prodi Akuntansi

Program Studi S1-Akuntansi Universitas Gresik terhitung mulai tanggal 5 Desember 2017 telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi “B” yang dituangkan dalam SuratKeputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggiNomor:4658/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017.


      Visi Program studi S1 Akuntansi Universitas Gresik adalah “Menjadi Program Studi yang Unggul dalam menghasilkan lulusan professional dan inovatif di bidang Ilmu Akuntansi dengan semangat Enterpreneurship” disusun berdasarkan visi fakultas yaitu “Menjadi yang terdepan dan inovatif di bidang ilmu Ekonomi dan Bisnis dengan semangat Enterpreneurship”. Perumusan visi, misi, tujuan dan strategi prodi mengacu pada visi, misi,tujuan dan strategi fakultas agar dapat memberikan arah yang jelas dan memberikan kerangka bagi kebijakan dan prioritas program Akademik dan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada prodi.


          Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pencapaian visi, misi, tujuan dan strategi prodi,dikembangkan beberapa rencana perbaikan yaitu mengembangkan keunikan prodi dengan melakukan evaluasi kurikulum serta membuka peminatan baru yang lebih disukai pasar dansejalan dengan permintaan industri, memberikan peluang pengembangan kompetensi dosen untuk mendapatkan studi lanjut (S3) dengan beasiswa dari Universitas maupun lembaga lain, mengembangkan potensi dosen agar segera meningkatkan jabatan fungsional dosen di semua level yang ada, mengembangkan kerjasama penelitian dengan lembaga pemerintah maupun industri, baik regional maupun wilayah sehingga dosen dapat meningkatkan potensinya baik di dalam penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan mayarakat melalui pengetahuan dan ketrampilan yang dibagikan. Selain itu Prodi S1 Akuntansi juaga akan mengembangkan kerjasamanya dengan berbagai pihak baik Pemerintah maupun industry dengan memperhatikan visi, misi, tujuan dan strategi dan aspirasi seluruh pemangku kepentingan dan senantiasa berupaya agar dicapai kemanfaatan baik bagi Universitas maupun mitra.


       Setiap dosen dalam melaksanakan tugas mengajar berpedoman pada surat tugas yangdiberikan oleh Prodi Akuntansi di setiap awal semester berdarkan kualifikasi, keahlian dankompetensi serta pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing dosen. Seluruh pengajaran bepedoman pada RPS (Rencana Pembelajaran Semester), SAP (SatuanAcara Perkuliahan) dan kontrak perkuliahan agar sejalan dengan VMTS. Untuk melakukan monitoring anevaluasi prodi setiap semesternya, dibantu oleh SPMI (Satuan Penjaminan Mutu Internal) dengan membagikan kuesioner kepada para mahasiswa dengan hasil evaluasi di laporkan keUPPS maupun Universitas. Selain hal tersebut kegiatan akademik lainnya yang dilaksanakan oleh Prodi Akuntansi adalah menyelenggarakan laporan akhir bagi mahasiswa atau penulisan skripsi, kuliah tamu dan seminar serta pelatihan di bidang akuntansi. Untuk kegiatan non-akademik juga dilakukan dengan kunjungan ke industry untuk memberikan gambaran lebih konkrit tentang praktek yang sesungguhnya. Dalam hal pengabdian kepada masyarakat Prodi bekerjasama dengan mitra yaitu UMKM yang banyak tersebar di wilayah Gresik, dengan memberikan penyuluhan kepada UMKM di bidang pembukuan sederhana dan lain sebagainya. Sebagai wujud kepedulian ini Universitas Gresik juga membuka pojok UMKM sebagai wadah dan ajang pamer bagi UMKM mitra atas hasil produknya.


     Dengan demikian keberadaan Universitas Gresik dan Prodi S1 Akuntansi dalam menjalankan Tri Dhrama dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi stakeholder dan masyarakat sekitar khususnya di wilayah Gresik.